Rabu, 25 Juni 2014

az-Zukhruf 71 - 80

[TAFSIR-QS:43] : az-ZUKHRUF
<<KEMBALI KE DAFTAR SURAH                          DAFTAR SURAH AZ-ZUKHRUF>>

Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya`.(QS. 43:71)

Az Zukhruf 71 
يُطَافُ عَلَيْهِمْ بِصِحَافٍ مِنْ ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الْأَنْفُسُ وَتَلَذُّ الْأَعْيُنُ وَأَنْتُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (71) 
Setelah orang-orang yang beriman beserta keluarga mereka masuk surga, datanglah kepada mereka pelayan-pelayan membawa piring-piring emas yang berisi makanan-makanan yang lezat dan piala-piala yang berisi minuman yang menyegarkan jasmani dan rohani. Di dalam surga itu mereka memperoleh semua yang mereka inginkan, segala yang diingini hawa nafsu mereka, semua yang menyejukkan dan menenteramkan hati mereka, semua yang indah menurut pandangan dan pendengaran mereka. Tidaklah dapat digambarkan keadaan surga itu sebelumnya, karena semuanya itu belum pernah ada contoh dan bandingannya dalan kehidupannya duniawi ini. Dinyatakan pula waktu itu bahwa orang-orang yang beriman dan beramal saleh akan kekal di dalam surga itu mengecap kenikmatan hidup di dalamnya. 
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan At Tirmizi dari Abdurrahman bin Sabit ia berkata yang artinya: "Berkata seorang laki-laki: 'Ya Rasulullah, adakah di surga itu kuda, sesungguhnya aku senang kepada kuda?' Rasulullah menjawab: 'Jika Allah memasukkan engkau ke dalam surga, maka engkau benar-benar akan mengendarai kuda yakut yang berwarna merah, yang akan membawa engkau terbang ke seluruh penjuru surga yang engkau kehendaki'. Dan bertanya pula laki-laki yang lain, katanya, 'Ya Rasulullah, adakah unta di dalam surga itu karena sesungguhnya aku senang kepada unta'. Beliau menjawab: 'Jika Allah memasukkan engkau ke dalam surga, engkau akan memperoleh semua yang engkau inginkan dan semua yang menyedapkan pandangan engkau.'"

Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan.(QS. 43:72)

Az Zukhruf 72 
وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (72) 
Demikianlah surga yang akan diperoleh oleh orang-orang yang beriman sebagai balasan keimanan dan amal saleh yang telah mereka lakukan. Orang-orang yang beriman dan beramal saleh itu masuk surga, semata-mata karena rahmat Allah dan keutamaan Nya. Karena iman dan amal yang dilakukan orang mukmin itu berbeda-beda, maka mereka akan menerima balasan yang berbeda-beda pula. Orang yang paling baik iman dan amalnya akan ditempatkan di dalam surga yang paling tinggi pula derajatnya, dan orang yang kurang iman dan amalnya akan ditempatkan di surga yang kurang pula derajatnya. 
Diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dan Ibnu Mardawaih dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda yang artinya : "Tidak ada seorang pun kecuali ia mempunyai sebuah tempat di dalam surga dan sebuah tempat di dalam neraka. Maka tempat orang-orang mukmin di dalam neraka diwarisi orang-orang kafir dan tempat orang-orang kafir di dalam surga diwarisi oleh orang-orang mukmin, dan itulah yang dimaksud dengan firman Allah (yang artinya): "Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu..."

Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan.(QS. 43:73)

Az Zukhruf 73 
لَكُمْ فِيهَا فَاكِهَةٌ كَثِيرَةٌ مِنْهَا تَأْكُلُونَ (73) 
Dalam ayat ini diterangkan macam-macam buah-buahan yang akan diperoleh oleh orang-orang yang beriman di dalam surga. Mereka akan memperoleh buah-buahan yang tidak terhingga banyak dan jenisnya dengan bermacam-macam rasa. Mereka dapat memakannya pada waktu, tempat dan keadaan yang mereka kehendaki.

Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahannam.(QS. 43:74)

Az Zukhruf 74 
إِنَّ الْمُجْرِمِينَ فِي عَذَابِ جَهَنَّمَ خَالِدُونَ (74) 
Ayat ini menerangkan bahwa orang-orang yang mengingkari Allah di dunia, mengerjakan larangan dan mengingkari perintah-perintah Allah, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahanam, sebagai balasan kekafiran mereka; mereka tetap di dalamnya dan tidak dapat keluar walau sesaat pun.

Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa.(QS. 43:75)
Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...

Dan tidaklah Kami menganiaya mereka tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.(QS. 43:76)

Az Zukhruf 76 
وَمَا ظَلَمْنَاهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا هُمُ الظَّالِمِينَ (76) 
Dalam ayat ini diterangkan apa sebabnya ditimpa azab itu, Allah mnenyatakan, "Kami tidak bermaksud menganiaya orang-orang kafir dengan tindakan Kami mengazab mereka, sebabnya ialah karena Kami telah memberikan peringatan yang cukup kepada mereka selama hidup di dunia tetapi mereka tidak menghiraukannya sedikit pun. Bahkan mereka mendustakan Rasul-rasul yang Kami utus kepada mereka dan menganiaya para Rasul itu walaupun telah dikemukakan bukti-bukti yang cukup kepada mereka. Karena tindakan mereka itulah, mereka diazab, yang berarti bahwa mereka sendirilah yang menganiaya diri mereka sendiri.

Mereka berseru: `Hai Malik, biarlah Rabbmu membunuh kami saja`. Dia menjawab: `Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)`.(QS. 43:77)

Az Zukhruf 77 
وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ (77) 
Karena beratnya siksaan yang diderita mereka, maka mereka memanggil malaikat Malik, penjaga neraka, agar malaikat itu meminta kepada Allah supaya mereka dimatikan saja, sehingga mereka terbebas dari siksaan itu, dengan mengatakan: "Hai malaikat Malik, mohonkanlah kepada Allah agar Dia mencabut saja jiwa kami, sehingga kami terlepas atau tidak merasakan lagi siksaan ini". Malaikat itu menjawab: "Tidak ada suatu jalan bagimu untuk keluar dari neraka ini karena Allah telah memutuskan, bahwa kamu tinggal di dalam neraka selama-lamanya. 
Ayat ini sama artinya dengan firman Allah SWT: 

وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا كَذَلِكَ نَجْزِي كُلَّ كَفُورٍ (36) 
Artinya: 
Dan orang-orang kafir, bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan azabnya dari mereka. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang Sangat kafir. (Q.S. Fatir: 36) 
Dan firman Allah SWT: 

وَيَتَجَنَّبُهَا الْأَشْقَى (11) الَّذِي يَصْلَى النَّارَ الْكُبْرَى (12) ثُمَّ لَا يَمُوتُ فِيهَا وَلَا يَحْيَا (13) 
Artinya: 
Orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhinya. (Yaitu) orang yang akan memasuki api yang besar (neraka). Kemudian dia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup. (Q.S. Al A'la: 11-13)

Sesungguhnya Kami benar-benar telah membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci kepada kebenaran itu.(QS. 43:78)

Az Zukhruf 78 
لَقَدْ جِئْنَاكُمْ بِالْحَقِّ وَلَكِنَّ أَكْثَرَكُمْ لِلْحَقِّ كَارِهُونَ (78) 
Kepada orang-orang yang sedang diazab dalam neraka itu dikatakan: "Hai orang-orang kafir, sesungguhnya waktu kamu di dunia dahulu, Kami lelah menerangkan semua yang benar dan jalan yang lurus dengan perantaraan Rasul-rasul dan kitab-kitab Kami. Akan tetapi kamu tidak menerima kebenaran itu, bahkan kamu membenci kebenaran itu serta orang-orang yang mengikuti kebenaran itu. Karena itu celakalah dirimu sekarang dan sesalilah sendiri, pada saat semua penyesalan tidak berguna lagi dan tobat telah pula tertutup.

Bahkan mereka telah menetapkan satu tipu daya (jahat), maka sesungguhnya Kami akan membalas tipu daya mereka.(QS. 43:79)

Az Zukhruf 79 
أَمْ أَبْرَمُوا أَمْرًا فَإِنَّا مُبْرِمُونَ (79) 
Dalam ayat ini, diterangkan sebab orang-orang kafir dimasukkan ke dalam neraka yaitu karena mereka selama hidup di dunia selalu berusaha dan merencanakan usaha menolak semua kebenaran dengan melakukan bermacam macam tipu daya. Maka Allah SWT menghancurkan dan menggagalkan semua tipu daya mereka itu. 
Dalam ayat yang lain Allah SWT berfirman: 

وَمَكَرُوا مَكْرًا وَمَكَرْنَا مَكْرًا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ (50) 
Artinya: 
Dan merekapun merencanakan makar dengan sungguh-sungguh dan Kami merencanakan makar (pula), sedang mereka tidak menyadari. (Q.S. An Naml: 50)


Apakah mereka mengira, bahwa Kami tidak mendengar rahasia dan bisikan-bisikan mereka Sebenarnya (Kami mendengar), dan utusan-utusan (malaikat-malaikat) Kami selalu mencatat di sisi mereka.(QS. 43:80)

Az Zukhruf 80 
أَمْ يَحْسَبُونَ أَنَّا لَا نَسْمَعُ سِرَّهُمْ وَنَجْوَاهُمْ بَلَى وَرُسُلُنَا لَدَيْهِمْ يَكْتُبُونَ (80) 
Melihat sikap dan tindakan orang-orang kafir semasa hidup di dunia, mereka seakan-akan tidak percaya bahwa Allah SWT mengetahui segala sesuatu; maka dikatakan tentang mereka, "Apakah mereka menyangka bahwa Kami tidak mendengar bisikan-bisikan hati mereka, dan tidak mengetahui semua yang mereka perbincangkan secara rahasia dalam menyusun tipu daya itu?". 
Dengan ayat ini Allah SWT menegaskan dengan mengatakan: "Kami mengetahui segala yang mereka rencanakan itu dan mendengar semua bisikan-bisikan mereka, tidak ada sesuatu pun yang tidak kami ketahui; di samping itu malaikat hafazah selalu menulis dan mencatat semua perilaku mereka baik berupa perkataan maupun perbuatan. 
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir bahwa Muhammad bin Kaab Al Qurazi berkata: "Ketika tiga orang berada di antara Kakbah dan kelambunya, dua orang dari suku Quraisy dan seorang dari suku Saqafi, maka salah seorang dari mereka berkata: 'Bagaimanakah pendapatmu, apakah Allah mendengar pembicaraan kita?' Orang yang kedua menjawab: 'Apabila kamu keraskan suaramu, Dia mendengarnya, sedangkan apabila engkau berbisik, dia tidak mendengarnya'. Orang yang ketiga berkata: 'Jika dia mendengar bila kamu keraskan suaramu, tentu dia mendengar pula, bila kamu berbisik'", maka turunlah ayat ini.

<<KEMBALI KE DAFTAR SURAH                        DAFTAR SURAH AZ-ZUKHRUF>>
COPAS FROM:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar