Selasa, 11 September 2012

As-Syu'araa 41 - 60

<<KEMBALI KE DAFTAR SURAH                         DAFTAR SURAH ASY-SYU'ARAA>>
http://users6.nofeehost.com/alquranonline/Alquran_Tafsir.asp?pageno=3&SuratKe=26
Maka tatkala ahli-ahli sihir datang, merekapun bertanya kepada Firaun: `Apakah kami sungguh-sungguh mendapat upah yang besar jika kami adalah orang-orang yang menang?`(QS. 26:41)
Firaun menjawab: `Ya, kalau demikian, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan menjadi orang yang didekatkan (kepadaku)`.(QS. 26:42)
Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...
Berkatalah Musa kepada mereka: `Jatuhkanlah apa yang hendak kamu jatuhkan`.(QS. 26:43)

قَالَ لَهُمْ مُوسَى أَلْقُوا مَا أَنْتُمْ مُلْقُونَ (43) 
(Berkatalah Musa kepada mereka) sesudah mereka berkata kepadanya, sebagaimana yang disitir oleh firman-Nya yang lain, yaitu, "Kamukah yang akan melemparkan lebih dahulu, ataukah kami yang akan melemparkan?" (Q.S.7 Al A'raf, 115). ("Jatuhkanlah apa yang hendak kalian jatuhkan") perintah ini merupakan izin dari Nabi Musa kepada mereka supaya mereka lebih dahulu melemparkan apa yang hendak mereka lemparkan, dimaksudkan supaya lebih menonjolkan perkara yang hak.
Lalu mereka menjatuhkan tali temali dan tongkat-tongkat mereka dan berkata: `Demi kekuasaan Firaun, sesungguhnya kami benar-benar akan menang`.(QS. 26:44)
Kemudian Musa menjatuhkan tongkatnya maka tiba-tiba ia menelan benda-benda palsu yang mereka ada-adakan itu.(QS. 26:45)
Maka tersungkurlah ahli-ahli sihir sambil bersujud (kepada Allah),(QS. 26:46)
mereka berkata: `Kami beriman kepada Tuhan semesta alam,(QS. 26:47)
(yaitu) Tuhan Musa dan Harun`.(QS. 26:48)
Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...
Firaun berkata: `Apakah kamu sekalian beriman kepada Musa sebelum aku memberi izin kepadamu? Sesungguhnya dia benar-benar pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu maka kamu nanti pasti benar-benar pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu maka kamu nanti pasti benar-benar akan mengetahui (akibat perbuatanmu); sesungguhnya aku akan memotong tanganmu dan kakimu dengan bersilangan dan aku akan menyalibmu semuanya`.(QS. 26:49)

قَالَ آمَنْتُمْ لَهُ قَبْلَ أَنْ آذَنَ لَكُمْ إِنَّهُ لَكَبِيرُكُمُ الَّذِي عَلَّمَكُمُ السِّحْرَ فَلَسَوْفَ تَعْلَمُونَ لَأُقَطِّعَنَّ أَيْدِيَكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ مِنْ خِلَافٍ وَلَأُصَلِّبَنَّكُمْ أَجْمَعِينَ (49) 
(Berkata) Firaun, ("Apakah kamu sekalian beriman) lafal A-amantum dapat pula dibaca Tas-hil sehingga bacaannya menjadi Amantum (kepadanya) yakni kepada Nabi Musa (sebelum aku memberi izin) secara langsung dariku (kepada kalian? Sesungguhnya dia benar-benar pemimpin kalian yang mengajarkan sihir kepada kalian) berarti ilmu kalian itu adalah sebagian daripada ilmunya, dan ini berarti pertarungan dan kemenangan di antara sesama perguruan (maka kalian nanti pasti benar-benar mengetahui) akibat perbuatan kalian itu dariku. (Sesungguhnya aku akan memotong tangan kalian dan kaki kalian dengan bersilang) yaitu tangan kanan mereka akan dipotong berikut kaki kirinya (dan aku akan menyalib kalian semuanya").

Mereka berkata: `Tidak ada kemudharatan (bagi kami); sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami,(QS. 26:50)
sesungguhnya kami amat menginginkan bahwa Tuhan kami akan mengampuni kesalahan kami, karena kami adalah orang-orang yang pertama-tama beriman`.(QS. 26:51)
Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...
Dan Kami wahyukan (perintahkan) kepada Musa: `Pergilah di malam hari dengan membawa hamba-hamba-Ku (Bani Israil), karena sesungguhnya kamu sekalian akan disusuli`.(QS. 26:52)

وَأَوْحَيْنَا إِلَى مُوسَى أَنْ أَسْرِ بِعِبَادِي إِنَّكُمْ مُتَّبَعُونَ (52) 
(Dan Kami wahyukan kepada Musa) sesudah beberapa tahun ia tinggal bersama dengan kaum Firaun, yang di masa-masa itu ia menyeru mereka kepada jalan yang benar dengan membawa ayat-ayat Allah, akan tetapi hal itu tidak menambah mereka melainkan hanya kesombongan belaka, ("Pergilah di malam hari dengan membawa hamba-hamba-Ku) yakni bangsa Bani Israel. Menurut suatu qiraat lafal An Asri dibaca An-isri. Asal katanya adalah berakar dari lafal Asra; maksudnya, pergilah dengan mereka menuju ke arah laut Merah di malam hari (karena sesungguhnya kamu sekalian akan dikejar") oleh Firaun dan bala tentaranya, maka mereka pun ikut masuk ke dalam laut di belakang kalian, lalu Aku menyelamatkan kalian dan menenggelamkan mereka.

Kemudian Firaun mengirimkan orang yang mengumpulkan (tentaranya) ke kota-kota.(QS. 26:53)
Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...
(Firaun berkata): `Sesungguhnya mereka (Bani Israil) benar-benar golongan kecil,(QS. 26:54)

إِنَّ هَؤُلَاءِ لَشِرْذِمَةٌ قَلِيلُونَ (54) 
("Sesungguhnya mereka itu benar-benar golongan) yang dimaksud adalah kaum Bani Israel (yang kecil) menurut suatu pendapat dikatakan, bahwa jumlah kaum Bani Israel yang dibawa Nabi Musa berjumlah enam ratus tujuh puluh ribu orang, sedangkan barisan terdepan dari Firaun berjumlah tujuh ratus ribu tentara, belum lagi yang ada di belakangnya, maka oleh karena itu Firaun menganggap kecil jumlah Bani Israel dibandingkan dengan jumlah tentaranya itu.
dan sesungguhnya mereka membuat hal-hal yang menimbulkan amarah kita,(QS. 26:55)
dan sesungguhnya kita benar-benar golongan yang selalu berjaga-jaga`.(QS. 26:56)
Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...
Maka Kami keluarkan Firaun dan kaumnya dari taman-taman dan mata air,(QS. 26:57)

فَأَخْرَجْنَاهُمْ مِنْ جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (57) 
Allah berfirman, ("Maka Kami keluarkan mereka) Firaun dan kaumnya dari Mesir untuk mengejar Nabi Musa dan kaumnya (dari taman-taman) yakni kebun-kebun yang ada di sepanjang kedua tepi sungai Nil (mata air) yaitu kolam-kolam yang mengalir di rumah-rumah mereka yang bersumber dari sungai Nil.

dan (dari) perbendaharaan dan kedudukan yang mulia,(QS. 26:58)

وَكُنُوزٍ وَمَقَامٍ كَرِيمٍ (58) 
(Dan dari perbendaharaan) harta yang berharga berupa emas dan perak; dinamakan Kunuz karena para pemiliknya tidak menunaikan hak Allah yang ada padanya (dan kedudukan yang mulia) yakni majelis-majelis yang indah bagi para penguasa dan para wazir, tempat mereka dikelilingi oleh para pengikutnya masing-masing.

demikianlah halnya dan Kami anugerahkan semuanya (itu) kepada Bani Israil.(QS. 26:59)
Maka Firaun dan bala tentaranya menyusuli mereka di waktu matahari terbit.(QS. 26:60)
Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...

<<KEMBALI KE DAFTAR SURAH                         DAFTAR SURAH ASY-SYU'ARAA>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar